Jumat, 12 Agustus 2011

Toko Di Internet

Contoh lain pemanfaatan nyata internet untuk kegiatan bisnis adalah toko online. Dewasa ini banyak bermunculan toko di internet atau yang dikenal dengan toko online. Produk-produk yang ditawarkan beragam, mulai dari kebutuhan sehari-hari rumah tangga, mekanan, sampai ke produk-produk “berat”, seperti mobil dan mesin-mesin pabrik.
Apa keunggulan mengembangkan toko online? salah satu keunggulannya adalh toko anda dapat buka 24 jam sehari selama 7 hari dalam seminggu alias tidak pernah tutup ataupun libur. Pelanggan dapat berbelanja kapanpun mereka mau, entah saat tengah malam ataupun dini hari. Mereka dapat “masuk” dan melihat produk-produk yang anda tawarkan. Bahkan, mereka dapat memesan kapanpun mereka inginkan (tentu saja, jadwal pengirimannya sesuai dengan jam kerja).
Dulu waktu pertama kali internet muncul, ide bisnis pengembangan toko online sudah ada. Para pebisnis yang jeli melihat peluang sudah berlomba-lomba mendirikan toko online. Sebut saja Amazon.com , boo.com , dan lain-lain. Hanya saja tidak banyak yang bermain di sana Mengapa ?
Peluang bisnis membangun toko online memang besar, namun saat itu modal yang dibutuhkan juga sangat besar. Untuk membuat program Web-nya, dibutuhkan modal ratusan juta. Belum termasuk biaya pembelian server, maintenance server  , Staf dan sebagainya. Mungkin pengembangan toko online bisa mencapai angka milyaran rupiah. Tak heran tak banyak perusahaan yang bermain di sana.
Mahalnya biaya pengembangan toko online, menyebabkan banyak juga toko online yang ada saat itu berguguran. Biaya antara oprasional dan pendapatan belumlah sepadan. Saat itu, akses internet juga masih terbatas. Tidak seperti sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar